Thursday, January 3, 2019

PERCEPATAN KARIER dengan PERSONAL BRANDING - Series

Percepatan Karier dengan Personal Branding (jilid 1). Sebuah mobil dengan kecepatan 60 km/ jam dari jakarta ke bandung akan dicapai dalam kurang lebih 3 jam. Kalau ingin lebih cepat maka kecepatannya harus ditambah, penambahan kecepatan ini disebut percepatan. Seorang fresh graduate dimasa lalu diperkirakan akan mencapai posisi puncak dalam kariernya dalam usia 45 tahun sebagai direktur, kalau dia lulus S1 dalam usia 22 dan menyelesaikan S2 dalam usia 25 tahun maka dimasa lalu dibutukan waktu sekitar 20 tahun. Inipun tidak semua akan mencapai puncak karier, banyak juga yang akan layu sebelum berkembang. Dapatkah karier ini dipercepat dan lebih pasti ...... bersambung. Salam Hangat. COACH@work. hashtagcoaching hashtagpersonalbranding


Percepatan Karier dengan Personal Branding - Prosperity, Portofolio, Persistence (jilid 2). Tujuan kita mengembangkan karier adalah untuk meningkatkan kesejahteraan hidup kita, ini adalah Prosperity. Pasti setiap orang ingin hidup dengan sejahtera. Untuk bisa hidup dengan sejahtera kita perlu berusaha mengembangkan reputasi, yaitu dengan mengumpulkan prestasi kerja sebanyak mungkin, mencapai target hanya biasa, melebihi target luar biasa, inilah portofolio. Juara sejati tidak akan pernah berhenti, setiap kegagalan menjadi pemicu semangat, tidak akan berhenti sebelum meraih juara, tidak akan pernah berhenti walaupun medali sudah ditangan, terus mengejar prestasi sampai akhir hayat, inilah Persistence ........ bersambung. Salam Hangat. COACH@work. #coaching #personalbrandinghashtagcoaching


Percepatan Karier dengan Personal Branding - Pemahaman Diri (jilid 3). Kita dilahirkan dengan potensi bakat tertentu setelah berinteraksi dengan lingkungan terbentuklah diri kita dengan satu tipe kepribadian tertentu yang menonjol. Tipologi paling sederhana menggolongkan orang menjadi Intovert dan extrovert, orang pendiam yang berorientasi pada diri sendiri dan orang yang banyak bicara dan menyukai hubungan sosial. Ingat pada waktu SMA kita melakukan Psikotes penjurusan Ilmu Pasti/ IPA dan Ilmu Sosial/ IPS, secara tidak disadari sebetulnya kita sudah diarahkan kesatu bidang profesi tertentu, namun bila kita ingin sukses berkarier ternyata kita harus menguasai kedua bidang tersebut, contoh seorang IT Manager tidak hanya dituntut menguasai keakhlian Teknologi Informasi tetapi juga dituntut menguasai ilmu komunikasi, manajemen, dsb......, bersambung. Salam Hangat. COACH@work. hashtagcoaching hashtagpersonalbranding


Percepatan Karier dengan Personal Branding - Pemahaman Diri - Kompetensi & Kekuatan (jilid 4). Melalui sekolah dan kursus-kursus kita mempelajari berbagai kompetensi yang berguna bagi diri kita sampai akhirnya kita akan ahli dalam satu bidang tertentu dan ini dipengaruhi oleh minat dan kesempatan. Dari berbagai kompetensi yang dikuasai melalui pengalaman penerapan dimasyarakat akhirnya kita memahami pada keakhlian apa kita menonjol dan ini menjadi kekuatan diri. Pemahaman Diri sangat penting, karena ini menjadi dasar kita dalam mengawali dan mengembangkan karier. Ingat bahwa umur karier kita sangat terbatas sekitar 25 - 30 tahun saja ......bersambung. Salam Hangat. COACH@work. hashtagcoaching hashtagpersonalbranding


Percepatan Karier dengan Personal Branding - Pembuatan Konten (jilid 5). Yang terpenting dalam Pembuatan Konten adalah menentukan seperti dalam sebuah pesta anda ingin diperkenalkan seperti apa oleh tuan rumah kepada tamu yang lain. Contoh : Seorang pendidik yang telah mengembangkan sistem pendidikan yang murah dan terjangkau. Seorang dokter spesialis kanker yang mendedikasilan dirinya bagi kalangan tak mampu. Seorang Ayah yang telah berhasil mendidik ke lima anaknya menjadi Sarjana, dsb. Hal ini lebih dikenal dengan nama visi dan misi diri. Hidup ini hanya sebentar saja buat hidup anda bermakna bagi diri anda dan orang lain........ bersambung. Salam Hangat. COACH@work. hashtagcoaching hashtagpersonalbranding


Percepatan Karier dengan Personal Branding - Kalimat Personal (jilid 6). Setelah memformulasikan visi dan misi pribadi kita coba menuliskannya dalam suatu kalimat personal atau “personal statement” yang menggambarkan Karakter, Kompetensi, Kekuatan, Visi dan Misi. Contoh : Seorang profesional sales & marketing dengan pengalaman lebih dari 5 tahun diberbagai perusahaan multinasional dengan brand internasional yang terus berkembang untuk mencapai puncak karier demi kepuasan pelanggan, pemegang saham dan masyarakat. Fungsi kalimat pribadi ini adalah sebagai sebuah penjelasan tentang diri anda secara profesional. ......., bersambung. Salam Hangat. COACH@work. hashtagcoaching hashtagpersonalbranding


Percepatan Karier dengan Personal Branding - Promosi (jilid7). Promosi dalam Personal Branding sangat penting, karena dengan ini kita menjadi “terlihat”. Dewasa ini dapat dilakukan melalui baik offline maupun online. Offline adalah aktifitas kita sehari-hari di pekerjaan, pertemuan, seminar, konferensi dan pergaulan di masyarakat. Kuncinya disini adalah kita harus bersikap kritis, jangan takut bertanya dan mengungkapkan pendapat. Satu penyampaian pendapat yang belum benar 100% dalam satu pertemuan lebih berarti dari hanya diam saja sebagai pendengar yang manis. Online adalah melalui media sosial, namun tidak semua media sosial cocok untuk personal branding. Menurut saya untuk profesional pergunakan Linkedin, untuk komunikasi sosial pergunakan Facebook, untuk komunikasi visual/ foto pergunakan Instagram. Tiga media sosial ini diciptakan bisa saling melengkapi. Dewasa ini banyak perusahaan melihat aktifitas sosial media kandidat untuk melihat kecocokan dengan budaya perusahaan......bersambung. Salam Hangat. COACH@work. hashtagcoaching hashtagpersonalbranding


Percepatan Karier dengan Personal Branding - Terpilih (jilid8). Melalui promosi kita akan terlihat tapi belum tentu terpilih. Membutuhkan potofolio dan kerja nyata agar kita terpilih. Personal Brand adalah kesatuan antara citra diri dan portofolio. Contoh ketika anda job hunting dan anda mengirim cv, maka perusahaan akan mencari informasi tentang anda, maka bila informasi tentang anda cukup tersedia melalui media yang biasa dipergunakan masa kini yaitu sosial media dan anda memenuhi persyaratan minimal yang ditentukan maka anda akan terpilih mendapatkan kesempatan mengikuti proses seleksi, selanjutnya pada proses seleksi diuji potensi dan pengalaman anda apakah sesuuai dengan kebutuhan perusahaan masa kini dan masa mendatang...... bersambung. Salam Hangat. COACH@work. hashtagcoaching hashtagpersonalbranding

No alt text provided for this image
hashtagpersonalbranding